Makanan Sehat dan Nilainya

Rasanya sering kali menjumpai kalimat itu beredar di beberapa rumah makan atau supermarket. Bahkan ada juga rumah makan yang memberi label pada diri mereka bahwa itu rumah makan sehat. Atau, yang lebih total lagi ada rumah makan yang melarang pengunjungnya untuk menggunakan sandal ketika ingin mengunjungi kebunnya. Dan tidak salah lagi, semua barang yang dijual di lokasi itu dengan tag seperti itu akan jadi lebih mahal dibanding tempat lainnya.

Sebenarnya tidak menjadi masalah besar ketika ada orang yang ingin hidup sehat dan mengganti pola hidupnya dengan segala hal yang ‘sehat’, namun ada hal yang perlu dilihat lebih mendalam lagi terkait label-label tersebut. Jangan-jangan memang ada pihak-pihak yang lebih jeli dibanding kita manusia awam. Orang-orang yang telah membaca gelagat kita para orang-orang yang sangat khawatir akan kehidupan dan dirinya. Terhadap kita orang-orang yang sudah pada titik frustasi akan kesehatan sampai pada titik tidak percaya terhadap hal yang berbau ‘umum’ dan ‘general’ termasuk makanan.

Ada beberapa contoh tentang bagaimana pihak-pihak yang lebih jeli terhadap apa yang kita takutkan itu dan berinisiatif menjadikannya nilai baru. Misalnya saja, ada beberapa artis ibu kota yang sering muncul di televisi sedang mengenakan pakaian dengan warna merah dan model tanpa lengan. Lalu, film yang ia bintangi melejit dan memenangkan beberapa penghargaan. Bisa dijamin, beberapa bulan kemudian atau bahkan hari, baju merah tanpa lengan itu muncul di pasar dengan label “baju merah artis ibu kota”. Hal itu bukan hal yang sulit terjadi, itu sangat mudah terjadi. Sama halnya dengan makanan, hal yang selalu kita butuhkan tiap harinya dan akan dengan mudah tercampuri dengan kepentingan-kepentingan lainnya karena sifatnya yang harian.

Jika kembali lagi kepada tagline sehat yang sering ditemui di rumah makan atau supermarket, ada baiknya kita mempercayakan kesehatan kita kepada diri kita sendiri bukan kepada pasar yang mengatur kita.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *