Keringat Berlebih pada Tubuh? Waspadai 6 Gejala Penyakit Ini

Berkeringat adalah kondisi alami yang terjadi ketika suhu tubuh meningkat. Kondisi seperti ini sebenarnya normal-normal saja karena itu adalah respon alami tubuh untuk menetralkan panasnya suhu tubuh yang disebabkan beberapa faktor seperti cuaca panas, cemas, atau aktivitas fisik tertentu.

Namun pada kondisi tertentu ada sebagian orang yang mengeluarkan keringat secara berlebih tanpa disertai faktor-faktor tersebut. Rupanya hal itu tidak boleh dianggap remeh, karena bisa jadi itu adalah pertanda bahwa tubuh sedang mengalami beberapa gejala penyakit. Apa saja penyakit itu? Silahkan simak ulasan dibawah ini:

  • Stress

Keringat berlebih biasanya dihasilkan oleh kondisi tubuh yang merasa tertekan dan stress. Hal ini dikarenakan kelenjar apokrin yang terdapat pada tubuh akan melepas keringat secara berlebih ketika seseorang sedang stress. Oleh karena itu beberapa cara mengatasinya adalah dengan mengkontrol diri sebaik mungkin guna menhindari perasaan tertekan.

  • Gula darah rendah

Salah satu zat yang menjadi sumber energi manusia adalah gula darah, namun jika kadar gula darah dalam tubuh rendah maka tubuh akan dipaksa untuk bekerja ekstra keras sehingga menyebabkan keringat berlebih.

  • Gangguan kelenjar tiroid

penyebab munculnya keringat berlebih adalah tingginya hormon tiroid yang diproduksi oleh tubuh sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh meningkat. Dengan demikian maka proses metabolisme tubuh pun semakin tinggi sehingga menyebabkan produksi keringat yang berlebih.

  • Darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga menjadi salah satu penyebab berlebihnya keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Jika sudah begini maka ada baiknya segera mengurangi konsumsi makanan yang berkolestrol tinggi.

  • Tuberkulosis

Ciri utama dari gejala penyakit TBC adalah sekresi keringat berlebih dikarenakan respon alami dari tumor nekrofis alfa yang diproduksi oleh sistem imun tubuh untuk bertahan dari bakteri tuberkulosis.

  • Gangguan jantung

Salah satu penyakit yang paling sering dikaitkan dengan keringat berlebih adalah penyakit jantung atau yang biasanya disebut dengan lemah jantung. Hal ini sebenarnya tidak salah karena pada orang yang mengalami masalah jantung maka akan terjadi hiperdrosis yang mana ditandai dengan timbulnya keringat berlebih pada area telapak tangan dan kaki.

Itulah beberapa gejala penyakit yang biasanya ditandai dengan produksi keringat berlebih. Maka ada baiknya bagi kita semua untuk lebih menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Inilah Faktor dan Resiko Obesitas

Topik mengenai obesitas selalu menarik untuk dibahas. Hal tersebut teraktualisasi dari banyaknya riset dan pengamatan yang dilakukan oleh para peneliti, ahli dan praktisi dengan latar belakang pengetahuan serta disiplin ilmu yang berbeda. Setiap pemikiran kritis yang muncul selalu dapat menjadi pertanyaan penelitian yang kompleks, sehingga akan terus menerus melahirkan kesimpulan yang baru.

Obesitas secara umum adalah kasus yang selalu dijumpai seiring dengan proses perkembangan jaman sehingga dapat digolongkan sebagai tantangan permasalahan global. Tantangan permasalahan global semacam ini kemudian dapat dipandang sebagai sebuah bentuk pembelajaran untuk menuju sebuah keadaan yang lebih baik. Sifat global dapat diidentifikasi dari penyebaran subjek dengan kasus obesitas di setiap negara, yang mana pengidapnya memiliki latar belakang usia dan keadaan sosial ekonomi yang bervariasi. Oleh karena itu, dalam setiap kasus obesitas sangat memungkinkan bahwa faktor risiko yang telah dialami oleh subjek penderita obesitas adalah berbeda-beda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi kata faktor adalah hal atau kondisi yang dapat mendorong atau menumbuhkan suatu kegiatan, usaha atau produksi. Sementara risiko adalah probabilitas terjadinya keadaan yang tidak menyenangkan, sedangkan faktor risiko adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan terjadinya suatu penyakit, sehingga faktor risiko obesitas dapat diartikan sebagai hal pendorong terjadinya keadaan obesitas.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kaum wanita memiliki faktor risiko lebih tinggi pada kasus obesitas dibandingkan kaum pria, “Females were 2.94 times more likely to be obese as compared to males” (Saeed, 2014), salah satu pemicunya adalah ketidakstabilan emosi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan energi dalam tubuh. Selain itu, status perkawinan juga memengaruhi statistik kasus obesitas. Sebuah hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang sudah menikah mengalami pertambahan jumlah lemak secara signifikan oleh karena perubahan gaya hidup.

Pada prinsipnya, obesitas terjadi manakala tubuh menerima lebih banyak kalori dari yang seharusnya dikeluarkan. Gaya hidup sendentari memiliki peran yang sangat besar dalam kasus obesitas. Ketika seseorang mempraktekkan gaya hidup sendentari, “aktivitas fisik yang kurang, menyebabkan simpanan energi yang semakin berlebih dalam tubuh” (Purwaningrum, Hadi, Gunawan, 2012). Proses pembakaran energi menjadi minimalis sehingga kelebihan energi akan disimpan di dalam sel-sel lemak di bawah kulit dan kemudian menambah massa tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa masyarakat urban memiliki prevalensi obesitas yang lebih tinggi dibandingkan masyarakat rural. Hal ini dipengaruhi oleh kemudahan akses dalam mendapatkan fast food dan junk food di daerah urban daripada daerah rural. Masyarakat yang hidup di daerah urban rata-rata memiliki kebiasaan mengonsumsi fast food dan junk food lebih dari dua kali dalam satu pekan.

Tingkatan pengetahuan dan pendidikan pun memiliki pengaruh dalam membentuk faktor risiko obesitas. Semakin rendah tingkat pendidikan seseorang, maka semakin rendah pengetahuan tentang perlakuan hidup sehat, termasuk dalam pencegahan dan penanganan obesitas.

Bebas Anyang-Anyangan Dengan Prive Uri-cran

Apakah kalian pernah mengalami gejala ingin buang air kecil terus menerus, tetapi hanya sedikit saja yang keluar? Atau,  pernah merasakan nyeri saat buang air kecil? Hati-hati lho guys, bisa jadi itu adalah gejala Anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Apa itu Anyang-anyangan?

Didalam istilah kedokteran, anyang-anyangan ini lebih dikenal dengan sebutan  Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi saluran kemih adalah suatu infeksi yang melibatkan ginjal, ureter, buli-buli, ataupun uretra. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah istilah umum yang menunjukkan keberadaan mikroorganisme (MO) dalam urin (Sukandar, E., 2004). Menurut beberapa penelitian oleh ahli, wanita 50% lebih beresiko untuk terkena anyang-anyangan lho guys.

Gejala anyang-anyangan sendiri biasanya tidak menunjukkan hal-hal yang spesifik. Biasanya orang yang anyang-anyangan akan merasakan :

  • Keinginan untuk buang air kecil , tetapi saat keluar hanya sedikit.
  • Sering terjadi rasa nyeri pada panggul jika penderitanya adalah wanita.
  • Terasa nyeri atau perih ketika buang air kecil.
  • Bau urin lebih menyengat dibandingkan kondisi normal.
  • Warna urin lebih pekat dibandingkan biasanya, kadang juga bisa bercampur dengan darah.
  • Muncul demam.

Nah, kalau kalian merasakan tanda-tanda diatas, bisa jadi kalian sedang mengalami anyang-anyangan lho guys.

Apa Sebeneranya Penyebab Anyang-anyangan?

Penyebab anyang-anyangan itu sangat beragam, beberapa penyebab anyang-anyangan yang sangat perlu kita waspadai adalah :

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan

Banyak orang yang salah mengartikan selama ini kalau anyang-anyangan disebabkan karena kita kebanyakan minum air. Ternyata, anyang-anyangan terjadi karena tubuh kita kekurangan cairan lho guys. Sederhananya, saat tubuh kita kekurangan cairan, tubuh juga akan berkompensasi untuk bisa menurunkan produksi urine, sehingga cairan urine akan sedikit yang keluar.

  • Kehamilan

Untuk para ibu yang hami tua, biasanya akan merasakan anyang-anyangan. Hal ini disebabkan karena kandung kemih tersebut terdorong janin yang semakin lama semakin membesar.

  • Infeksi

Penyebab anyang-anyangan yang ketiga ini yang paling bahaya diantara penyebab lainnya. Infeksi ini terjadi di saluran kemih. Oleh sebab itu biasanya disebut sebagai Infeksi Saluran Kemih (ISK). Kandung kemih yang terkena infeksi, akan merangsang otak mengeluarkan isinya walaupun isinya kandung kemih berisi sangat sedikit sekali. Hal itulah yang menyebabkan cairan yang keluar sedikit sekali, tetapi rasa ingin mengeluarkan sangat tinggi.

Penyebab anyang-anyangan karena infeksi ini dibagi lagi berdasarkan sistem kemih mana yang terinfeksi. Berbeda sistem kemih yang terinfeksi akan berbeda pula gejalanya. Berikut sistem kemih yang bisa terinfeksi dan menyebabkan anyang-anyangan :

  1. Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah.
  2. Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  3. Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih. Untuk infeksi ini, bisa jadi dikarenakan  penyakit menular seksual seperti chlamydia (klamidia), gonore, dan herpes. Saluran kencing ini biasanya juga dikarenakan bakteri E.coli yang masuk di saluran kemih. Pada saat buang air besar, hindari untuk membersihkan anus dari arah belakang ke depan, karena hal itu bisa menyebabkan bakteri E.coli menempel pada saluran kemih.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencenggah ataupun menghindari anyang-anyangan lho girls. Berikut adalah cara mengatasi anyang-anyangan yang paling ampuh :

  • Banyak Minum Air Putih

Untuk yang mengalami masalah dehidrasi, perbanyaklah minum air putih. Minum air putih yang banyak ini dapat membantu mengeluarkan racun dan bakteri penyebab anyang-anyangan lho.

  • Jeruk nipis dengan air putih

Ambillah kedua bahan ini secukupnya saja. Peraslah jeruk nipis tadi, dan taruhlah didalam gelas. Berikan air hangat pada perasan jeruk nipis itu, kemudian tambahkan gula secukupnya. Aduklah sampai gula bercampur dengan perasan jeruk nipis, lalu minumlah selagi hangat.

  • Minumlah Prive Uri-cran

Apa itu Prive Uri-cran? Prive Uri-cran merupakan produk asli Indonesia yang terbuat dari ekstrak buah cranberry asli sehingga Anda tak perlu repot membeli atau membuat jus buah cranberry yang belum tentu terjaga kehigenisan dan keasliannya. Buah cranbeery sendiri merupakan salah satu buah yang termasuk dalam kelas berries atau berry. Buah ini tergolong buah yang cukup mahal karena di Indonesia sendiri belum banyak yang membudidayakan buah tersebut. 

Kandungan gizi dari buah asam yang satu ini jelas sudah tak diragukan lagi. cranberry mengandung vitamin A, vitamin B Carotene, vitamin C, rendah kalori, lutein, folate, potasium dan megnesium. Dengan kandungan gizinya yang berlimpah, cranberry memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Cranberry juga mengandung senyawa flavanoid berjenis pro-anthoyanidins yang dapat megusir bakteri jahat dalam tubuh. Senyawa ini bertugas untuk menolak bakteri jahat yang ingin masuk atau telah masuk dalam tubuh, seperti anyang-anyangan, yang merupakan gejala awal infeksi saluran kemih.

Buah ini mampu membuat ginjal bekerja lebih baik karena cranberry akan mengusir bakteri melalui urine. Urine yang bersih akan memperlihatkan kalau ginjal kita dalam keadaan yang sehat. Sementara urine yang kotor menandakan ginjal yang tidak sehat dan hal itulah yang kerap kali menyebabkan kita mengalami sakit buang air kecil.

Nah dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran ini, secara otomastis tubuh kita akan merasakan manfaat yang terkandung dalam buah Cranberry dan terbebas dari bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan. Produk Prive Uri-cran sendiri bisa didapatkan di apotek terdekat guys. Ada 2 jenis produk yang disediakan untuk konsumen, yaitu :

  1. Prive Uri-cran

Komposisi produk ini adalah 250mg Ekstrak Cranberry, yang bisa dikonsumsi 1-2 kapsul /hari. Dimana 1 box Prive Uricran ini berisi 30 kapsul.

  • Prive Uri-cran Plus

Sama-sama mengandung ekstrak Cranberry, produk Prive Uri-cran Plus ada tambahan komposisi lainnya, yaitu 60 mg Vit C, Lactobacillus Achidopillus 0,1 mg dan Bifidobacterium bifidum. Perbedaan Prive Uri-cran Plus ini terletak pada bentuknya yang powder sachet. Untuk yang tidak bisa minum obat secara kapsul, akan sangat dimudahkan dengan adanya produk ini. Kalian hanya perlu air dan tuangkan Prive Uri-cran Plus ini kedalamnya. Jadi deh dan tinggal minum. Prive Uri-cran ini baik dikonsumsi dengan dodis 1-2 sachet/hari. Satu box Prive Uri-cran Plus ini berisi 15 sachet. Jadi cukup deh untuk persediaan kamu selama satu minggu.

Nah, kalian sudah tau apa itu penyakit anyang-anyangan, apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan, jadi jangan sampai kalian terkena penyakit ini ya guys. Jika terjadi tanda-tanda segera mencegahnya sebelum terlambat ya.

Pilihan Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Makanan yang baik untuk ibu menyusui dapat memberikan efek yang baik atau bayi anda akan terhindar dari beberapa gejala seperti rewel dan susah tidur. Mengapa demikian? Mungkin makanan atau minuman yang ibu konsumsi salah atau tidak baik untuk si bayi. Sehingga bayi menjadi suka rewel dan susah tidur. Untuk itu, ibu menyusui perlu menjaga asupan makanan yang benar, sehingga bayi anda akan menerima nutrisi makanan yang baik untuk pertumbuhannya. Berikut ini beberapa Makanan yang baik untuk ibu menyusui:

  • Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak untuk ibu menyusui meliputi daging ayam atau daging sapi yang masih segar atau fresh. Selain sebagai sumber energi, jika mengkonsumsinya terlalu berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, ibu dapat menggantinya dengan menu lain, seperti telur atau ikan, sehingga nutrisi yang di dapat tetap ada walaupun menu yang kita makan berbeda-beda setiap harinya.

  • Telur

Telur mengandung protein yang cukup tinggi, terlebih bagi ibu hamil dan juga ibu menyusui. Karena asam lemak esensial dari telur, dapat menjadi kebutuhan yang penting untuk memberikan nutrisi pada ASI. Ibu dapat mengkonsumsi telor dengan cara di rebus, sehingga kandungan DHA pada telur tetap terjaga.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon sangat kaya akan nutrisi. Kandungan DHA pada salmon sangat bermanfaat bagi perkembangan sistem saraf anak anda. Tetapi yang perlu diingat, jangan mengkonsumsi salmon secara berlebih, karena dapat meningkatkan paparan merkuri pada bayi anda. Sebaiknya konsumsi ikan salmon maksimal 12 ons per minggu.

  • Beras cokelat

Biasanya kita lebih mengenal beras merah daripada beras cokelat, tetapi ternyata beras cokelat memiliki banyak nutrisi dan serat sehingga mampu menahan kenyang lebih lama. Beras ini juga tidak akan meningkatkan kadar gula yang tinggi, sehingga apabila ibu menyusui mengkonsumsi beras cokelat ini, makan gula darah anda akan tetap stabil.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel, dan lainnya, selain memiliki banyak nutrisi. Sayuran ini, juga kaya akan vitamin A, serat, zat besi, dan antioksidan dalam sayuran tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

  • Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang tinggi dan juga memiliki protein, vitamin B, dan vitamin D yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang pada bayi. Bagi ibu menyusui, rutinlah mengkonsumsi 3 cangkir setiap hari agar kebutuhan kalsium dan protein anda terpenuhi juga.

  • Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat mendorong lancarnya produksi ASI. Selain itu, serat yang terdapat pada kurma sangat baik untuk kualitas ASI.Untuk itu, kurma adalah makanan yang baik untuk ibu menyusui.

  • Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat diperlukan untuk ibu menyusui, karena kaya akan vitamin dan mineral seperti folat, protein, iodin, zinc, vitamin A, B6, dan C. Berikut ini buah-buahan yang bagus untuk ibu menyusui adalah buah jeruk, bluebery, strawbery, pisang, alpukat, dan masih banyak lagi.

Demikian beberapa pilihan Makanan yang baik untuk ibu menyusui yang dapat saya berikan untuk anda. Ternyata banyak sekali makanan lain yang baik untuk ibu menyusui yang pasti memiliki kandung nutrisi dan serat tinggi. Untuk itu anda harus lebih selektif dalam memilih makanan tersebut, sehingga kesehatan dan kebutuhan gizi ibu dan bayi anda tercukupi dengan benar. Semoga bermanfaat.

6 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit kepala? Bagi kebanyakan orang, keluhan sakit kepala menjadi hal yang sudah dianggap biasa. Sakit kepala merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang sering  dialami oleh banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa, tak terkecuali juga ibu menyusui. Seperti halnya pada ibu hamil, bagi ibu menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obat kimia yang memiliki efek membahayakan bagi si kecil yang masih minum ASI dari si ibu. Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit kepala bagi ibu menyusui ini adalah dengan mengenali penyebab terjadinya sakit kepala tersebut dan mengantisipasinya dengan melakukan beberapa cara alami sebagai pola hidup sehari-hari.

Sakit kepala pada ibu menyusui biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelelahan yang berlebihan, posisi menyusui yang salah, kekurangan nutrisi, terjadinya pembengkakan pada payudara, dan sebagainya. Semua gangguan sakit kepala tersebut yang biasanya diatasi dengan mengonsumsi obat medis, seperti parasetamol dan ibuprofen sebenarnya dapat diatasi secara alami yang sudah terbukti jauh lebih aman bagi si kecil. Lalu, seperti apa sajakah cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusui secara alami?

Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusui secara alami yang penting untuk Anda ketahui. Dengan melakukan beberapa kebiasaan sehat di bawah ini dalam keseharian maka keluhan sakit kepala Anda pun akan segera hilang sehingga Anda akan merasa lebih sehat dan bugar dalam merawat si kecil.

  • Perhatikan posisi menyusui yang baik

Salah satu penyebab sakit kepala pada ibu menyusui adalah posisi menyusui yang tidak tepat. Untuk itu, cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuiadalah dengan menyusui si Kecil dengan posisi yang tepat. Selain itu, upayakan untuk membiasakan menggendong si Kecil pada kedua sisi secara bergantian agar otot leher dan punggung tidak kaku sehingga tidak menimbulkan sakit kepala.

  • Cukup istirahat

Kelelahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala pada ibu menyusui. Cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuidalam kondisi ini adalah dengan cukup istirahat, cukup tidur baik tidur siang atau malam hari. Sebaiknya Anda juga melakukan yoga agar lebih rileks yang membuat produksi ASI Anda pun akan makin lancar.

  • Mengonsumsi makanan kaya nutrisi

Sakit kepala pada ibu menyusui juga sering disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi. Cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuidalam hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, mineral, vitamin yang terdapat pada buah, sayur, ikan, daging, kacang-kacangan, susu, dan sebagainya. Di tengah-tengah kesibukan Anda merawat si Kecil, sebaiknya Anda tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dengan banyak mengonsumsi camilan sehat, seperti buah, jus buah, rebusan sayur, kacang-kacangan, dan sebagainya yang juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI.

  • Menghindari minuman kafein

Minuman berkafein juga menjadi salah satu pencetus sakit kepala termasuk pada ibu menyusui. Untuk itu, cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuiadalah dengan menghindari asupan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan lainnya. Selain tidak baik untuk ibu menyusui, kandungan kafein juga tidak baik untuk si Kecil yang masih minum ASI.

  • Hindari stres

Keluhan stres juga dapat menyebabkan sakit kepala pada ibu menyusui. Cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuidalam kondisi ini adalah dengan melakukan latihan yoga yang dapat merilekskan pikiran dan mengurangi beban pikiran, seperti dengan melakukan refreshing, mandi dengan air hangat, melakukan perawatan kecantikan di salon, sharing dengan pasangan atau keluarga, dan sebagainya sehingga membuat pikiran dan hati Anda lebih tenang.

  • Perbanyak minum air putih

Kekurangan asupan cairan tubuh juga dapat menimbulkan sakit kepala. Terlebih pada ibu menyusui, cairan dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI dan mencegah terjadinya dehidrasi. Untuk itu, cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusui dalam hal ini adalah dengan memperbanyak asupan cairan dalam tubuh. Selain dengan memperbanyak minum air putih, Anda juga dapat memperbanyak asupan cairan dari minuman sehat lainnya, seperti susu dan jus buah.

Demikian beberapa cara mengatasi sakit kepala untuk ibu menyusuiyang perlu Anda perhatikan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua  cara di atas, namun keluhan sakit kepala Anda masih saja sesekali kambuh maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi Anda kepada dokter untuk mengetahui diagnosa keluhan sakit kepala yang Anda alami dan segera mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

7 Tips Memulihkan Patah Tulang dengan Cepat

Bagi orang yang pernah mengalami patah tulang tentu menyadari bahwa hal ini cukup menantang karena dapat menganggu beberapa aktifitas terkait dengan bagian tulang yang patah. Bukan hanya itu, ketika tulang telah patah maka pertumbuhan tulang selanjutnya tidak akan sempurna seperti semula dan proses penyembuhannya pun tak jarang memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu disini akan dibagikan beberapa tips agar proses penyembuhan pada tulang dapat berlangsung lebih cepat, berikut ulasannya:

  • Konsumsi tinggi kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang berfungsi menjaga tulang agar tetap sehat, maka untuk mempercepat proses penyembuhan pada tulang yang patah diperlukan makanan dan minuman yang tinggi kalsium seperti susu, brokoli, dan kacang almond.

  • Teh hijau

Konsumsi teh hijau tanpa gula kurang lebih 5 cangkir sehari untuk dapat membantu proses penyembuhan pada tulang yang patah. Hal ini didasari oleh tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau yang mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah dapat memenuhi aliran pada tulang yang patah.

  • Banyak makan

Proses pemulihan dari tulang yang patah sangat membutuhkan dukungan dari kalori dalam jumlah besar. Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Namun perlu diingat untuk tetap menghindari kalori jahat sehingga pemilihan menu makanan juga perlu diperhatikan.

  • Sayur-sayuran hijau

Kandungan nutrisi yang komplit pada sayuran hijau tentu dapat membantu proses penyembuhan setelah patah tulang karena nutrisi dalam sayuran hijau mampu mengaktifkan sel-sel syaraf baru dalam tubuh manusia.

  • Buah-buahan

Jika tidak terlalu suka dengan sayuran maka disarankan untuk mengkonsumsi buah dalam jumlah yang banyak karena kandungan vitamin dan kalsium pada buah juga tergolong cukup tinggi. Seperti misalnya buah jeruk yang mengandung tinggi vitamin C dan kalsium sebesar 60mg. Sehingga dengan perpaduan vitamin dan kalsium tersebut dipercaya mampu membantu proses penyembuhan pada tulang.

  • Terapi panas

Kompreslah area tulang yang patah dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah yang kemudian mampu membantu proses penyembuhan.

  • Peregangan

hal terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah melakukan peregangan untuk merangsang fungsi kerja tulang yang patah. Hal ini dilakukan guna memperlancar sirkulasi darah karena selama masa penyembuhan biasanya area pada tulang yang patah jarang digerakkan sehingga sirkulasi darah kurang lancar.

Demikianlah 7 hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyembuhan pada tulang yang patah, semoga bermanfaat.

Crystal X Obat Herbal Keputihan Yang Alami, Aman dan Terbukti Manjur

Keputihan bukan merupakan suatu masalah baru yang membuat gelisah wanita. Bukan hanya dapat mempengaruhi rasa percaya diri, tapi juga menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker serviks sampai kemandulan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi keputihan, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter hingga menggunakan obat herbal seperti Crystal X.

Di zaman yang kian bertambah canggih dan modern sekarang ini, tentu tidak sulit untuk mencari obat keputihan. Karena Anda bisa menemukannya di mana-mana, di apotik hingga warung kelontong pinggir jalan. Namun banyak beredarnya produk dengan merek abal-abal yang tidak jelas asal-muasalnya tentu membuat sebagian wanita menjadi was-was untuk memilih produk yang ingin digunakan. Karena pemilihan produk yang salah malah bisa menimbulkan efek samping yang buruk di kemudian hari.

Lalu bagaimana caranya menemukan sebuah sebuah obat yang benar-benar manjur dan aman untuk dikonsumsi?

Salah satu produk yang banyak direkomendasikan untuk para wanita saat ini adalah Crystal X. Sebuah produk obat herbal yang telah berpengalaman dan dipercaya selama bertahun-tahun dalam mengatasi masalah keputihan yang ringan sampai dengan yang sudah akut. Di samping itu, produk ini bukan hanya mengatasi masalah keputihan tapi juga masalah-masalah di organ bagian kewanitaan lainnya seperti membasmi kuman dan jamur yang tumbuh di area organ kewanitaan. Karena mengandung antiseptic, sulfur dan minyak vinieill.

Tentu saja sebagian wanita yang belum pernah mencoba mungkin masih memiliki keraguan untuk menggunakan produk ini, apalagi para wanita yang telah tertipu oleh produk abal-abal yang harganya super mahal tapi tidak memberikan manfaat apapun, selain membuat hati menjadi dongkol. Pasti masih memiliki rasa trauma untuk mencoba produk baru.

Jadi, jika Anda masih bertanya-tanya “Kenapa harus mengkonsumsi Crystal X?”

Itu karena produk ini diracik dengan bahan-bahan herbal, maka dapat dipastikan produk ini aman untuk Anda konsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan Anda. Bukan hanya bahan-bahan dasarnya saja yang aman, tetapi juga cara penggunaannya terbilang sangat efisien dan aman karena tidak seperti mengkonsumsi obat-obatan kimia yang biasanya harus diminum 1-3x sehari yang kalau kebanyakan dikonsumsi akan menimbulkan efek samping pada ginjal. Cara penggunaanya pun terbilang mudah karena digunakan langsung pada organ kewanitaan sehingga membuat kandungan Crystal X dapat segera bereaksi dalam menngatasi masalah di organ kewanitaan Anda.

            Namun ada baiknya juga jika Anda dapat membedakan produk Crystal X yang asli dan palsu. Karena tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini banyak sekali oknum-oknum nakal yang ingin meraup keuntungan dengan menjual produk kw alias palsu. Untuk mencegah membeli produk yang palsu, sangat disarankan agar Anda membelinya di distributor resmi.

Selain itu, produk yang dikeluarkan oleh PT. Natural Nusantara atau NASA yang sejak tahun 2002 dan telah terdaftar sebagai produsen obat herbal ternama yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani keluhan konsumen ini juga sudah terdaftar dalam BPOM dan mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI sehingga dapat dipastikan jika produk ini sudah lulus uji, berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Crystal X yang sudah eksis sejak tahun 2008 ini pun seolah tak tergerus oleh perubahan jaman. Buktinya hingga hari ini produk ini masih laris terjual di pasaran dan berbagai testimony positif dari penggunanya pun terus bergulir setiap harinya. Seperti tak mengenal istilah mati, bendera kemenangan produk ini masih terus berkibar.

Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Apakah anda pernah mendapat komplain dari teman tidur karena suara dengkuran yang keras? Jika iya itu berarti proses pernapasan sedang berjuang menembus saluran nafas ketika anda tertidur.

Sebenarnya hal ini memang terjadi begitu saja secara alami tanpa anda sadari, terlebih saat sedang tidur dengan tidak rileks maka proses pernapasan akan semakin berat karena otot pada saluran pernapasan akan menyempit. Lalu bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan tersebut maka disini akan dibagikan tips untuk menghilangkan suara dengkuran saat tidur, berikut ulasannya:

  • Mengatur posisi tidur

Usahakanlah untuk tidak tidur dengan posisi telentang, karena ketika anda tertidur pada posisi ini maka lidah akan sedikit masuk ke dinding belakang bagian tenggorokan sehingga menyebabkan saluran udara tersumbat yang kemudian memicu timbulnya getaran dan suara dengkuran.

Begitu pula ketika anda tertidur dengan posisi tengkurap. Tidur pada posisi ini akan membuat perut dan leher tertekan sehingga menyebabkan sulitnya proses pernapasan yang mana akan memicu suara dengkuran.

Posisi terbaik saat tidur adalah posisi miring ke sebelah kanan, dengan demikian maka saluran pernapasan tidak akan terhambat dan aliran oksigen akan dengan mudah mengaliri jantung sehingga dapat menyehatkan tubuh.

  • Tinggikan posisi kepala

Jika anda sudah mengatur posisi tidur dan ternyata masih saja mendengkur maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meninggikan posisi kepala dengan menambahkan bantal yang lebih tinggi. Dengan begitu tekanan pada saluran pernapasan akan berkurang sehingga proses bernafas pun akan lebih lancar.

  • Perhatikan kualitas tidur

Jika kedua hal diatas belum juga berhasil maka selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur anda selama ini. Karena jika kualitas tidur anda kurang baik maka dapat mempengaruhi sinyal yang dikirim pada otak sehingga tubuh merasa tidak nyaman dan akhirnya mengeluarkan suara dengkuran.

  • Jangan merokok

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebiasan merokok. Zat kimia yang terdapat pada rokok dapat menimbulkan iritasi pada selaput lendir di saluran pernapasan sehingga menyebabkan pembengkakan pada area tersebut yang kemudian membuat produksi lendir secara berlebih dan menyumbat saluran pernapasan.

  • Diet

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur adalah dengan diet. Hal ini dikarenakan ketika memiliki berat badan berlebih maka dikhawatirkan terdapat tumpukan lemak pada bagian leher yang kemudian mempengaruhi jalannya aliran pernapasan sehingga menyebabkan dengkuran. Oleh karena itu diperlukan diet untuk mendapat berat badan ideal dan kondisi kesehatan yang baik.

Demikian 5 tips yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah dengkuran saat tidur, semoga bermanfaat.

Tips Pola Makan Sehat agar Panjang Umur

Setiap orang di dunia pastilah ingin memiliki umur yang panjang disertai kondisi kesehatan yang baik. Bahkan disetiap ualng tahun pun sudah dapat dipastikan jika salah satu doa yang dipanjatkan adalah meminta panjang umur. Hal tersebut sebenarnya sangat bisa diraih apabila mau menjalani pola hidup yang sehat, salah satunya adalah mengatur pola makan. Dibawah ini akan dibagikan tips untuk menjalani hidup dengan pola makan yang sehat, berikut ulasannya:

  • Memilih bahan makanan yang sehat

Pola makan yang sehat haruslah dimulai dari pemilihan bahan makanan yang baik, seperti contohnya sayur-sayuran. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur setiap hari apapun menu masakannya, hal ini dilakukan agar semua nutrisi, vitamin, serat, protein, dan mineral dapat tercukupi.

  • Mengelola makanan secara sederhana

Setelah memilih bahan makanan yang baik dan menyehatkan maka selanjutnya adalah tahap pengelolaan makanan. Usahakan untuk mengelola makanan secara sederhana yaitu dengan direbus, dibakar, atau dipanggang. Dengan begitu tubuh kita tidak perlu menerima bahan-bahan lainnya yang tidak sehat serta proses memasak pun tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga kesegaran dan nutrisi yang terkandung pada bahan makanan masih utuh.

  • Hindari makanan olahan

Selanjutnya adalah menahan diri dari godaan makanan olahan seperti makanan kaleng dan lainnya yang notabene sangat praktis untuk dikonsumsi. Makanan olahan memang praktis namun kandungan nutrisi yang ada didalamnya sudah tentu tidak lagi utuh karena melalui serangkaian proses pembuatan seperti misalnya pemanasan dalam suhu tinggi sebelum makanan tersebut dikemas.

  • Makanlah makanan yang dibutuhkan, bukan diinginkan

Usahakan untuk mengontrol diri dari godaan makanan yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh seperti junk food dan lainnya. Sebenarnya itu semua hanyalah kondisi mental dan emosional semata yang menyebabkan rasa ingin memakan sesuatu, padahal nyatanya makanan tersebut tidak dibutuhkan dan malah cenderung tidak menyehatkan.

  • Makanlah sebelum lapar

Tanpa disadari sebelumnya ketika anda memutuskan untuk makan dalam kondisi sangat lapar maka jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh biasanya akan terlampau lebih banyak. Hal ini dikarenakan kondisi emosional yang menuntut pikiran untuk dapat merasa kenyang secara penuh sehingga makan jadi tak terkendali dan dalam jumlah yang banyak.

Itulah pola makan sehat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Makanan Sehat dan Nilainya

Rasanya sering kali menjumpai kalimat itu beredar di beberapa rumah makan atau supermarket. Bahkan ada juga rumah makan yang memberi label pada diri mereka bahwa itu rumah makan sehat. Atau, yang lebih total lagi ada rumah makan yang melarang pengunjungnya untuk menggunakan sandal ketika ingin mengunjungi kebunnya. Dan tidak salah lagi, semua barang yang dijual di lokasi itu dengan tag seperti itu akan jadi lebih mahal dibanding tempat lainnya.

Sebenarnya tidak menjadi masalah besar ketika ada orang yang ingin hidup sehat dan mengganti pola hidupnya dengan segala hal yang ‘sehat’, namun ada hal yang perlu dilihat lebih mendalam lagi terkait label-label tersebut. Jangan-jangan memang ada pihak-pihak yang lebih jeli dibanding kita manusia awam. Orang-orang yang telah membaca gelagat kita para orang-orang yang sangat khawatir akan kehidupan dan dirinya. Terhadap kita orang-orang yang sudah pada titik frustasi akan kesehatan sampai pada titik tidak percaya terhadap hal yang berbau ‘umum’ dan ‘general’ termasuk makanan.

Ada beberapa contoh tentang bagaimana pihak-pihak yang lebih jeli terhadap apa yang kita takutkan itu dan berinisiatif menjadikannya nilai baru. Misalnya saja, ada beberapa artis ibu kota yang sering muncul di televisi sedang mengenakan pakaian dengan warna merah dan model tanpa lengan. Lalu, film yang ia bintangi melejit dan memenangkan beberapa penghargaan. Bisa dijamin, beberapa bulan kemudian atau bahkan hari, baju merah tanpa lengan itu muncul di pasar dengan label “baju merah artis ibu kota”. Hal itu bukan hal yang sulit terjadi, itu sangat mudah terjadi. Sama halnya dengan makanan, hal yang selalu kita butuhkan tiap harinya dan akan dengan mudah tercampuri dengan kepentingan-kepentingan lainnya karena sifatnya yang harian.

Jika kembali lagi kepada tagline sehat yang sering ditemui di rumah makan atau supermarket, ada baiknya kita mempercayakan kesehatan kita kepada diri kita sendiri bukan kepada pasar yang mengatur kita.