Keringat Berlebih pada Tubuh? Waspadai 6 Gejala Penyakit Ini

Berkeringat adalah kondisi alami yang terjadi ketika suhu tubuh meningkat. Kondisi seperti ini sebenarnya normal-normal saja karena itu adalah respon alami tubuh untuk menetralkan panasnya suhu tubuh yang disebabkan beberapa faktor seperti cuaca panas, cemas, atau aktivitas fisik tertentu.

Namun pada kondisi tertentu ada sebagian orang yang mengeluarkan keringat secara berlebih tanpa disertai faktor-faktor tersebut. Rupanya hal itu tidak boleh dianggap remeh, karena bisa jadi itu adalah pertanda bahwa tubuh sedang mengalami beberapa gejala penyakit. Apa saja penyakit itu? Silahkan simak ulasan dibawah ini:

  • Stress

Keringat berlebih biasanya dihasilkan oleh kondisi tubuh yang merasa tertekan dan stress. Hal ini dikarenakan kelenjar apokrin yang terdapat pada tubuh akan melepas keringat secara berlebih ketika seseorang sedang stress. Oleh karena itu beberapa cara mengatasinya adalah dengan mengkontrol diri sebaik mungkin guna menhindari perasaan tertekan.

  • Gula darah rendah

Salah satu zat yang menjadi sumber energi manusia adalah gula darah, namun jika kadar gula darah dalam tubuh rendah maka tubuh akan dipaksa untuk bekerja ekstra keras sehingga menyebabkan keringat berlebih.

  • Gangguan kelenjar tiroid

penyebab munculnya keringat berlebih adalah tingginya hormon tiroid yang diproduksi oleh tubuh sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh meningkat. Dengan demikian maka proses metabolisme tubuh pun semakin tinggi sehingga menyebabkan produksi keringat yang berlebih.

  • Darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga menjadi salah satu penyebab berlebihnya keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Jika sudah begini maka ada baiknya segera mengurangi konsumsi makanan yang berkolestrol tinggi.

  • Tuberkulosis

Ciri utama dari gejala penyakit TBC adalah sekresi keringat berlebih dikarenakan respon alami dari tumor nekrofis alfa yang diproduksi oleh sistem imun tubuh untuk bertahan dari bakteri tuberkulosis.

  • Gangguan jantung

Salah satu penyakit yang paling sering dikaitkan dengan keringat berlebih adalah penyakit jantung atau yang biasanya disebut dengan lemah jantung. Hal ini sebenarnya tidak salah karena pada orang yang mengalami masalah jantung maka akan terjadi hiperdrosis yang mana ditandai dengan timbulnya keringat berlebih pada area telapak tangan dan kaki.

Itulah beberapa gejala penyakit yang biasanya ditandai dengan produksi keringat berlebih. Maka ada baiknya bagi kita semua untuk lebih menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *