7 Tips Memulihkan Patah Tulang dengan Cepat

Bagi orang yang pernah mengalami patah tulang tentu menyadari bahwa hal ini cukup menantang karena dapat menganggu beberapa aktifitas terkait dengan bagian tulang yang patah. Bukan hanya itu, ketika tulang telah patah maka pertumbuhan tulang selanjutnya tidak akan sempurna seperti semula dan proses penyembuhannya pun tak jarang memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu disini akan dibagikan beberapa tips agar proses penyembuhan pada tulang dapat berlangsung lebih cepat, berikut ulasannya:

  • Konsumsi tinggi kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang berfungsi menjaga tulang agar tetap sehat, maka untuk mempercepat proses penyembuhan pada tulang yang patah diperlukan makanan dan minuman yang tinggi kalsium seperti susu, brokoli, dan kacang almond.

  • Teh hijau

Konsumsi teh hijau tanpa gula kurang lebih 5 cangkir sehari untuk dapat membantu proses penyembuhan pada tulang yang patah. Hal ini didasari oleh tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau yang mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah dapat memenuhi aliran pada tulang yang patah.

  • Banyak makan

Proses pemulihan dari tulang yang patah sangat membutuhkan dukungan dari kalori dalam jumlah besar. Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Namun perlu diingat untuk tetap menghindari kalori jahat sehingga pemilihan menu makanan juga perlu diperhatikan.

  • Sayur-sayuran hijau

Kandungan nutrisi yang komplit pada sayuran hijau tentu dapat membantu proses penyembuhan setelah patah tulang karena nutrisi dalam sayuran hijau mampu mengaktifkan sel-sel syaraf baru dalam tubuh manusia.

  • Buah-buahan

Jika tidak terlalu suka dengan sayuran maka disarankan untuk mengkonsumsi buah dalam jumlah yang banyak karena kandungan vitamin dan kalsium pada buah juga tergolong cukup tinggi. Seperti misalnya buah jeruk yang mengandung tinggi vitamin C dan kalsium sebesar 60mg. Sehingga dengan perpaduan vitamin dan kalsium tersebut dipercaya mampu membantu proses penyembuhan pada tulang.

  • Terapi panas

Kompreslah area tulang yang patah dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah yang kemudian mampu membantu proses penyembuhan.

  • Peregangan

hal terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah melakukan peregangan untuk merangsang fungsi kerja tulang yang patah. Hal ini dilakukan guna memperlancar sirkulasi darah karena selama masa penyembuhan biasanya area pada tulang yang patah jarang digerakkan sehingga sirkulasi darah kurang lancar.

Demikianlah 7 hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyembuhan pada tulang yang patah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *