5 Tips Jitu Melunasi Hutang yang Menumpuk

Hutang yang menumpuk seringkali membuat kondisi finansial tidak stabil, biaya kebutuhan yang tiada hentinya seolah membuat hutang-hutang yang dimiliki menjadi sulit untuk dibayarkan. Oleh karena permasalahan tersebut disini akan dibagikan 5 tips agar hutang yang ada tidak semakin menumpuk dan dapat segera terbayar lunas, berikut ulasannya:

  • Ukur kemampuan anda

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum berhutang adalah mengukur kemampuan pendapatan secara keseluruhan. Besaran ratio hutang maksmial dari total pendapatan anda tidak boleh melebihi dari 30% karena dengan demikian anda masih bisa membagi biaya kebutuhan primer dan biaya pengembalian hutang

  • Hitung besaran hutang yang ada

Setelah anda mengukur kemampuan anda maka selanjutnya adalah menghitung total biaya hutang yang sudah ada. Pastikan bahwa jumlahnya tidak melebihi dari 30% total pendapatan, tapi jika ternyata memang melebihi itu maka sebaiknya segera pangkas biaya anggaran yang tidak diperlukan, seperti misalnya rencana liburan atau berburu kuliner kesukaan.

  • Tengoklah barang-barang tak terpakai

Jika biaya hutang anda ternyata melebihi 30% dari total pendapatan maka cara lain untuk melunasinya adalah dengan menjual beberapa barang yang sudah tak terpakai. Hal seperti ini perlu untuk dilakukan karena jika tidak maka biaya hutang anda akan semakin menumpuk sehingga lebih membebani kesehatan finansial anda.

  • Lunasi hutang konsumtif

Hutang konsumtif adalah hutang yang berbunga, sehingga anda harus segera melunasinya jika tidak mau menambah biaya hutang tersebut. Salah satu hutang konsumtif yang paling sering kita jumpai adalah ‘Credit Card’, jika tidak segera dilunasi maka nilai cicilan pun akan terus naik sesuai dengan kelipatan bunga yang ada.

  • Jangan berhutang untuk membayar hutang

Hal terakhir yang perlu anda hindari adalah berhutang untuk membayar hutang. Sepintas cara semacam itu memang terlihat mampu menutup hutang-hutang anda sebelumnya, namun untuk jangka panjang tentu hutang tersebut tidak akan ada habisnya sehingga tak jarang totalnya justru akan lebih besar dari sebelumnya.

Demikianlah 5 tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi persoalan hutang-hutang anda. Semoga anda dapat segera melunasi hutang yang ada agar tidak mengganggu kondisi finansial yang dapat berisiko cukup besar.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *